Rekomendasi Laptop Gaming Buat Kamu

Sobat KlikPonsel! Game Online sekarang ini sudah menjadi suatu kebutuhan, bukan lagi hanya hiburan. Oleh karena itu banyak sekali produsen PC (Personal Computer) dan Laptop yang berbondong-bondong membuat produk mereka yang mumpuni untuk bermain game.

Sebuah PC atau laptop yang mumpuni untuk bermain game tentu harus dibekali beberapa spesifikasi khusus, seperti VGA card, RAM dan USDD yang berkapasitas besar, serta layar dengan resolusi tinggi.

Di artikel kali ini akan kami rekomendasikan beberapa merk laptop yang cocok bagi sobat KlikPonsel! untuk bermain game. Simakk penjelasan lengkapnya disini!

Spesifikasi Laptop yang Enak Dipakai Bermain Game

Dilansir dar situs matamaros.com Dari segi spesifikasi, laptop gaming harus memenuhi ciri sebagai berikut:

1. Graphic Card Kelas Atas

Graphic card memegang peranan penting dalam menghasilkan tampilan layar yang bagus. Oleh karena itu, graphic card harus menjadi perhatian utama ketika Anda memilih laptop gaming. Laptop yang punya kartu grafis terpisah yang bagus akan menampilkan grafis yang tajam dan nyata sehingga Anda seolah akan merasakan pengalaman berada dalam game.

2. Layar dengan Resolusi Tinggi

Selain harus memiliki graphic card kelas atas, laptop yang bagus untuk bermain game juga harus memiliki resolusi dan pixel tinggi antara 1440p hingga 4k. Dengan kualitas tersebut, laptop akan memanjakan penggunanya dengan sajian visual yang tajam. Untuk keperluan bermain game, Anda juga disarankan memilih laptop yang ukuran monitornya lebih besar.

3. Kecepatan Refresh Rate yang Tinggi

Masih seputar monitor, sebaiknya monitor laptop punya refresh rate yang tinggi, yaitu antara 120 hingga 133 Hz atau bahkan lebih tinggi. Anda juga sebaiknya memilih laptop dengan ukuran monitor yang lebih besar dibanding laptop biasa untuk pengalaman bermain game yang lebih seru.

4. Prosesor Terbaru dan Tercanggih

Ketika memilih laptop yang bagus buat game, Anda perlu memastikan laptop tersebut telah menggunakan prosesor terbaru. Sebagai otak dari seluruh kinerja laptop, sebaiknya pilih laptop dengan prosesor minimal intel core i5. Prosesor terbaru pada laptop akan menentukan kelancaran saat bermain game.

5. Punya Daya Tahan yang Lebih Kuat

Laptop dengan spesifikasi standar tidak akan bisa diandalkan untuk bermain game dalam waktu yang lama jika baterainya cepat habis. Apalagi kalau Anda seorang gamer dengan mobilitas tinggi, sudah pasti harus punya laptop dengan kapasitas baterai yang besar. Laptop terbaik untuk gaming setidaknya harus bisa bertahan minimal 10 jam.

Nah, sobat KlikPonsel! terkadang kita pasti kebingungan saat akan membeli laptop gaming ya, hal apa saja sih yang bisa menjadi pertimbangan kita memilih suatu brand. Di bawah ini kita akan bagikan tipsnya, simak ya!

Tips Memilih Laptop Gaming Terbaik 2024

Dilansir dari situs Intel.co.id beikut tips saat memilih laptop Gaming yang cocok buat anda.

Laptop paling bagus yang digunakan untuk bermain game, minimal memiliki fitur-fitur yang berkualitas dan memenuhi laptop spek gaming seperti yang anda harapkan.

  • Layar. Ukuran, resolusi, dan kecepatan refresh dapat memengaruhi pengalaman bermain game Anda. Apakah Anda ingin memprioritaskan resolusi tinggi atau layar dengan kecepatan refresh tinggi, atau Anda berencana untuk menggunakan monitor eksternal?
  • CPU dan GPU. Bandingkan spesifikasi komponen seperti jumlah inti dan kecepatan clock, serta periksa benchmark untuk perbandingan cepat antara berbagai lini produk.
  • Memori dan penyimpanan. Kenali perbedaan antara SSD dan HDD, dan tentukan berapa RAM yang Anda butuhkan untuk menggunakan sistem Anda.
  • Desain. Laptop yang ringan mungkin mudah dibawa saat bepergian, tetapi perangkat keras yang lebih canggih mungkin menjadi prioritas utama saat bermain game yang menuntut di rumah.
  • Port dan input. Rencanakan jumlah periferal yang akan Anda gunakan, termasuk penyimpanan eksternal dan audio. Apakah Anda perlu fleksibilitas lebih, ruang lebih, atau port berkecepatan tinggi tambahan?

12 Rekomendasi Laptop Gaming

Dilansir dari situs intel.co,id, inilah 12 laptop gaming yang dilengkapi dengan intel core generasi ke-12

1. Acer Predator Helios 300

  • CPU Intel® Core™ i9 Generasi ke-12
  • dielngkapi lampu latar RGB per tombol yang dapat disesuaikan

Acer Predator Helios 300 dirancang untuk generasi gaming. Dengan tampilan yang menawan dan tombol dengan cahaya latar, dan CPU hingga Intel® Core™ i7 atau i9 dengan 14 inti dan 20 thread, dengan GeForce RTX™ 3060 atau GPU laptop yang lebih baik, yang siap untuk bermian game AAA yang paling mutakhir. Pendinginan tercanggih dengan termal logam cair dan teknologi kipas Aeroblade 3D Generasi ke-5 dirancang untuk menjaga semua komponen performa tinggi berfungsi dengan lancar.

2. Acer Nitro 5

  • CPU Intel® Core™ i7 Generasi ke-12
  • Resolusi 1440p yang tajam pada layar 15” atau 17″

Layar Acer Nitro 5 yang memiliki lebar15” atau 17” memungkinkan Anda bermain game dengan resolusi hingga 1440p — perpaduan sempurna antara kepadatan piksel dan performa. Refresh rate hingga 165 Hz yang sepadan dengan frame rate yang tinggi, secara cepat memperbarui gambar di layar untuk membuat animasi lebih halus dan menampilkan gambar adegan yang lebih jelas kepada Anda.

3. Asus ROG Flow Z13

  • Hingga CPU Intel® Core™ i9-12900H
  • Desain 2-in-1 dengan layar sentuh 16:10 dan mode tablet

ROG Flow Z13 adalah semua tentang fleksibilitas. Ini adalah laptop ultraportabel, tablet 16:0, dan karya seni retro-futuristik. Bermain game dalam mode laptop untuk menikmati tembak-menembak orang pertama yang seru di layar edge-to-edge 13” dengan refresh rate hingga 120 Hz pada 1080p (atau 60 Hz jika Anda memilih opsi 4K). Atau gunakan kontroler nirkabel, bermain dengan kickstand 170°, lepaskan keyboard, dan bermain dengan teman dalam mode tablet. Dengan berat hanya 2,6 pon, frame tipis 0,47” ringan dan cukup bergaya untuk dibawa ke mana saja.

4. Asus ROG Strix Scar

  • CPU Intel® Core™ i9-12900H
  • ROG Intelligent Cooling™ menjaga suhu tetap rendah dengan 84 bilah Arc Flow Fans

Laptop ROG Strix Scar dirancang untuk kompetisi. Dilengkapi dengan perangkat keras kelas atas seperti CPU Core™ 9-12900H danGPU laptop GeForce RTX 3080 Ti dalam konfigurasi teratas, ini menghadirkan kecepatan yang Anda perlukan untuk berada di posisi atas papan peringkat dalam game tembak-menembak multipemain dan banyak lagi. Banyak konfigurasi memungkinkan Anda memilih layar yang tepat bagi Anda, termasuk ukuran 15” dan 17″, serta pilihan antara resolusi 1080p dengan refresh rate hingga 360 Hz atau 1440p dengan refresh rate hingga 240 Hz.

5. Asus TUF Dash F15

  • CPU Intel® Core™ i7 Generasi ke-12
  • Sasis yang terinspirasi Mecha dengan konstruksi kelas militer

Sasis yang terinspirasi mecha dari TUF Dash F15 menawan dan tahan lama. Ultramodern tetapi berselera tinggi, sasis kelas militer ini dilengkapi dengan CPU Intel® Core™ i7 dan GeForce RTX 3060 atau GPU laptop yang lebih baik. Anda akan melihat hasil dari semua perangkat gaming ini pada layar 15”, yang tersedia baik dalam 1440p dengan refresh rate hingga 165 Hz atau 1080p dengan refresh rate hingga 300 Hz. Untuk meningkatkan pengalaman gaming Anda lebih jauh lagi, switch MUX khusus dapat mengaktifkan mode “GPU langsung” yang menghindari iGPU dari laptop dengan mengirimkan sinyal grafis diskrit secara langsung ke layar. Mode ini mencegah GPU diskrit nonaktif sepenuhnya di bawah beban yang lebih ringan, yang dapat memengaruhi konsumsi daya.

6. Dell Alienware x14

  • Hingga CPU Intel® Core™ i7 Generasi ke-12
  • Faktor bentuk 14” yang ringkas

Bawa pulang faktor bentuk yang unik dengan laptop gaming Dell Alienware x14. Hingga CPU Intel™ Core™ i7-12700H dan GPU laptop GeForce RTX 3060 yang berpadu untuk mengakselerasi baik gaming dan pembuatan konten pada layar 1080p 14” yang memiliki refresh rate hingga 144 Hz dengan NVIDIA G-Sync dan Advanced Optimus. Menampilkan gaya ikonik Alienware, x14 dirancang untuk gamer Goldilocks yang merasa faktor bentuk 15” terlalu merepotkan untuk dibawa, dan 13” sedikit terlalu kecil untuk mendominasi arena gaming online.

7. Dell G15

  • CPU Intel® Core™ i7-12700H
  • Refresh rate hingga 240 Hz memungkinkan permainan game yang sangat lancar di 1440p

Dapatkan mesin gaming yang berskala dengan tugas yang dihadapi — baik itu bermain game tembak-menembak online dengan refresh rate yang tinggi atau mengelola banyak aplikasi streaming dan rekaman. Dengan CPU hingga Intel® Core™ i7-12700H, yang dipadankan dengan GeForce RTX 3060 atau GPU laptop yang lebih baik, Dell G15 dirancang untuk menghadirkan performa di atas kelasnya.

8. HP Omen 16

  • CPU Intel® Core™ i9 Generasi ke-12
  • Layar 16” mencapai keseimbangan antara laptop 15” dan 17”

HP Omen 16 dirancang untuk imersi. Ada banyak kecanggihan prosesor, dengan CPU hingga Intel® Core™ 19 di board, ditambah opsi grafis hingga GPU laptop GeForce RTX 3070 Ti. New Omen Tempest Cooling Technology dirancang untuk menjaga suhu tetap aman baik ketika Anda melakukan streaming permainan game untuk teman-teman Anda di Discord, atau mengedit bersama reel sorotan dari permainan Anda.

9. Lenovo Legion 5i Pro

  • CPU Intel® Core™ i9 Generasi ke-12
  • Rasio aspek 16:10 yang lebih tinggi menawarkan ruang vertikal yang lebih besar

Lenovo Legion 5i Pro menawarkan baik desain yang disempurnakan dan performa tanpa kompromi. Ini tersedia dengan CPU hingga Core™ i9, yang dipadankan dengan opsi grafis hingga GPU laptop GeForce RTX 3070 Ti. Dan semuanya itu dalam sasis yang menawan dan siap dibawa bepergian dengan berat 5,1 pon, sehingga Anda dapat membawa performa gaming yang luar biasa ketika dalam perjalanan.

10. MSI Katana GF66/76

  • CPU Intel® Core™ i7 Generasi ke-12
  • Sasis ringan yang menawan dengan keyboard merah teriluminasi

Tingkatkan game Anda dengan laptop yang tipis dan canggih. Cahaya merah dari keyboard yang teriluminasi mungkin adalah hal pertama yang menarik perhatian Anda. Atau layar tingkat IPS 1080p, yang membentang 15” atau 17” dengan bezel tipis, dan refresh rate 144 Hz untuk tetap seimbang dengan FPS yang tinggi.

11. MSI Raider GE76

  • CPU Intel® Core™ i9-12900HK
  • MSI OverBoost menghadirkan 220W gabungan ke CPU dan GPU

Mencari mesin gaming kelas atas? Perangkat ini bersinar dengan kecanggihan. Di dalamnya Anda akan menemukan Intel® Core™ i9-12900HK yang menghadirkan performa luar biasa, dan konfigurasi kelas atas menambahkan GPU laptop GeForce RTX 3080 Ti yang mengakselerasi FPS dalam judul-judul yang paling menuntut saat ini. Layar 17” menawarkan refresh rate yang tinggi di berbagai konfigurasi: 360 Hz di 1080p, 240 Hz di 1440p, dan 120 Hz di 4K. Bar cahaya RGB yang hidup membuatnya semakin mengagumkan.

12. Razer Blade 15

  • Hingga CPU Intel® Core™ i9 Generasi ke-12
  • Profil ramping dengan pendinginan ruang uap

Segala sesuatu tentang Razer Blade 15 adalah yang tercanggih. Ini menghadirkan CPU hingga i9 14 inti dan GPU laptop hingga GeForce RTX 3080 Ti, yang bekerja sama untuk menciptakan dunia virtual yang memesona pada layar 15” dengan resolusi hingga 4K. Pilih konfigurasi layar yang sesuai dengan gaya bermain Anda dengan opsi 4K di 144 Hz, 1440p di 240 Hz, dan 1080p di 360 Hz. Lalu Anda akan terpesona dengan tekstur mendetail dan efek generasi berikutnya seperti pelacakan cahaya.

Laptop Gaming adalah aptop yang dikhusukan untuk kita bermain game, khususnya game-game online dengan bandwith yang cukup besar. Maka dari itu spesifikasi untuk laptop-laptop gaming juga sedikit berbeda dengan laptop Office atau sekolah. Semoga rekomendasi laptop gaming dari kami membantu sobat KlikPonsel! untuk menentukan pilihan.

Rekomendasi Laptop Gaming Buat Kamu | Risti | 4.5