Edukasi Teknologi untuk Generasi Muda

Sobat KlikPonsel! Tak bisa dipungkiri di era sekarang ialah era teknologi. Dimana-mana kita dihadaokan pada teknologi. Hidup berdmpigan dengan teknologi. Suka atau tidak suka kita akan terus berdampingan dengan Teknologi.

Tua muda semua kini hidup bersama dengan teknologi. Semakin pesatnya kemajuan jaman membuat kita para orang tua tentunya sedikit cemas dengan paparan teknologi untuk buah hati. Sebenarnya Teknologi sangat bermanfaat untuk kehidupan, tentunya jika penggunaannya masih biak dan tetap kita awasi.

Lalu bagaimana cara kita para orang tua mengedukas teknologi kepada anak kita? Karena semua pada akhirnya akan menggunakan teknologijuga termasuk anak kita. Simak artikel berkut tentang edukasi teknlogi untuk mempersiapkan generasi muda.

Mengenal Edukasi Teknologi

Meansir dari Wikipedia, Pendidikan Teknologi atau Eduasi Teknologi dapat diartikan sistem pendidikan modern yang mengacu pada penggunaan hardware dan software yang dirancang untuk meningkatkan kegiatan pembelajaran di ruang kelas serta meningkatkan hasil pendidikan. Di Indonesia pemanfaatan bidang Teknologi Pendidikan dimulai pada tahun 1960. Pada tahun 1960 an fokus Teknologi Pendidikan pemanfaatan program audio visual, poster, fotografi, slide, film, dan program audio untuk pembelajaran.

Pentingnya Edukasi Teknologi

Dilansir dari web hasan teknologi Edukasi Teknologi sudah menjadi kebutuhan khususnya saat adanya pandemi yang dimana seluruh aktivitas harus dilakukan secara online. Menurut berbagai penelitian di berbagai di kota besar, pembelajaran online saat ini termasuk efektif khususnya untuk para anak sekolah. Aplikasi seperti Zoom dan Google Classroom menjadi media pembelajaran di sekolah.

Berikut beberapa hal yang membuat Edukasi Teknologi itu penting untuk anak sekolah:

  1. Teknologi Untuk Masa Depan
    Teknologi yang dipelajari saat ini akan sangat berguna untuk kedepan sang anak, jika dari dini para murid sekolah dasar sudah mengadopsi berbagai mata pelajaran mengenai teknologi, kedepannya murid tidak kaku dan lebih memahami ketika sudah lulus sekolah.
  2. Perkembangan Zaman Semakin Cepat
    Perkembangan Teknologi di zaman sekarang sangatlah cepat, maka dari itu pendidikan teknologi sangat penting untuk sang anak dimulai dari orang tua yang mengajari positif dan negatif di internet.
  3. Proses Pembelajaran Lebih Simple dan Cepat
    Jika sang anak sudah diberikan pembelajaran yang cocok dan cukup, maka ketika sudah beradaptasi dengan teknologi terbaru kedepannya akan menjadi lebih mudah dalam melakukan segala aktifitas yang berhubungan dengan teknologi digital.

Dilansir dari Jakartainsight.com, dengan adanya Edukasi Teknologi ini,  kegiatan belajar mengajar jauh lebih menyenangkan untuk dilakukan. Dikemas dengan teknologi yang modern, pembelajaran di kelas yang mana dulunya dilakukan secara konvensional, kini beralih menjadi lebih modern dan asyik untuk diikuti para pelajar.  

Pentingnya teknologi dalam pendidikan anak tidak berhenti sampai di situ. Ada banyak manfaat terkait. Teknologi dapat:

  • Mendukung pengembangan keterampilan motorik halus
  • Memperkuat koordinasi dan waktu reaksi
  • Meningkatkan perkembangan sosial dan emosional 
  • Mempromosikan kolaborasi dan hubungan
  • Membangun kesadaran budaya
  • Membantu perkembangan bahasa
  • Tawarkan peluang untuk pemrosesan informasi

Sekali lagi, teknologi adalah alat untuk memfasilitasi pembelajaran, dan bila digunakan dengan tepat, teknologi dapat memberikan dampak yang luar biasa pada pendidikan anak usia dini.

4 Prinsip Edukasi Teknologi

Departemen Pendidikan mencantumkan empat prinsip panduan dalam menggunakan teknologi :

  • Teknologi—bila digunakan dengan tepat—dapat menjadi alat untuk belajar.
  • Teknologi harus digunakan untuk meningkatkan akses terhadap kesempatan belajar bagi semua anak.
  • Teknologi dapat digunakan untuk memperkuat hubungan antara orang tua, keluarga, pendidik usia dini, dan anak kecil.
  • Teknologi lebih efektif untuk pembelajaran ketika orang dewasa dan teman sebaya berinteraksi atau berpandangan bersama dengan anak kecil.

Dikarenakan teknologi tidak terlepas dari kehidupan anak di era yang semakin canggih ini. Keberadaan teknologi tidak dapat dipungkiri dan bagaimanapun anak tidak dapat di cegah ataupun dilarang menggunakannya, namun kontrol dan pendampingan yang tepat dapat menjadi solusi yang tepat bagi anak.

Edukasi Teknologi untuk Generasi Muda | Risti | 4.5