Tips dan Trik Screen Time untuk Anak

Sobat KlikPonsel! gadget di era modern ini adalah suatu hal yang sudah lumrah. Bermacam-macam gadget mulai dari Smartphone, Laptop, dan Smart Tv sudah bukan barang langka nan mewah lagi. Khusunya bagi anak-anak. Banyak orang tua sekarang yang menjadikan menonton gadget (screen time) sebagai media edukasi ke anak-anak mereka, dan media agar anak ‘anteng’ saat orang tua sibuk atau kurang bisa mengawasi.

Seperti sebuah keniscayaan bagi orang tua yang jaman sekarang untuk bisa menghindari penggunaan gadget untuk anak-anaknya apalagi anak-anak sudah mengenal screen time sejak dini. Bahkan anak-anak usia 7-10 tahun sudah mengenal games online. Dan jika sudah begitu tugas orang tua hanyalah pandai-pandai memilih dan memilah tontonan yang baik dan mengedukasi untuk anak. Dan pandai-pandai membatasi penggunan gadget untuk anak di bawah umur. Agar nantinya anak tidak terpapar dampak negatif dari tontonan gadget yang ia punyai.

Lantas, bagaimana tips dan trik dalam mengatur screen times yang baik untuk anak? Simak tips nya berikut ini!

Mengenal istilah Screen Time

Menurut siloam.hospitals Screen time adalah waktu yang dihabiskan untuk menatap layar gadget, termasuk smartphone hingga smart TV. Screen time yang berlebihan diketahui dapat memberi pengaruh kurang baik bagi seseorang, mulai dari munculnya sikap tidak peduli dengan lingkungan sekitar hingga risiko gangguan pada mata seperti mata lelah. Sebenarnya, penggunaan gadget untuk hiburan dan refreshing boleh-boleh saja dilakukan, asalkan tidak berlebihan.

Sebagai orang tua, sebaiknya kita perlu menerapan aturan mengenai durasi screen time. Karena screen time yang berlebihan sangat-sangat berdampak buruk pada kondisi mekesehatan mental dan fisik anak.

Dampak Negatif Screen Time Berlebih

  1. Memperburuk kemampuan fungsi motorik anak.
  2. Meningkatkan risiko obesitas dini.
  3. Membatasi kosakata dan kemampuan dalam berkomunikasi.
  4. Membuat anak tidak terbiasa dengan kontak mata ketika berbicara dengan orang lain.
  5. Mengurangi kreativitas untuk mencari jalan keluar dalam memecahkan suatu masalah.
  6. Menghambat perkembangan anak yang bisa berujung pada munculnya gangguan mental seperti perubahan perilaku, ADHD, conduct disorder, antisosial, dan lain-lain.
  7. Gangguan tidur. 
  8. Gangguan fungsi penglihatan.
  9. Memiliki short attention span yang membuat mereka sulit berkonsentrasi atau fokus terhadap sesuatu.

Tips dan Trik Mengatur Screen Time untuk Anak

Dilansir dari Alodokter, berikut ini ada beberapa tips dan trik untuk para orang tua agar bisa 2. mengendalikan screen time untuk anak, yaitu:

Tips Mengatur Screen Time untuk Anak

1. Batasi Waktu Screen Time

Screen time bisa dibatasi sesuai usia anak. Menurut WHO menganjurkan setiap orang tua sebaiknya tidak memberikan gadget kepada anak sebelum berusia 2 tahun. Apalagi semata-mata bertujuan untuk membuat anak tenang dan duduk diam.  Anak yang sudah berusia 2 tahun boleh mendapatkan screen time maksimal 1 jam per hari, tidak boleh lebih dari itu. Semakin sedikit, semakin baik. Screen time juga tidak boleh mandiri, harus didampingi oleh orang tua untuk memastikan konten yang ia akses berkualitas dan menjelaskan apa yang sedang mereka pelajari. 

Untuk anak usia 3-5 tahun, batas maksimal screen time dalam satu hari adalah 1 jam. Screen time boleh dipakai untuk tujuan hiburan (non-edukasi), misalnya untuk membaca E-Book. ementara jika nanti si Kecil sudah berusia usia 6 tahun ke atas, batas waktu screen time untuk tujuan entertainment tidak lebih dari 2 jam dalam satu hari. 

2. Awasi Program yang Ditonton

pastikan bahwa program atau konten yang diakses aman bagi anak kecil dan memiliki rating yang baik. Jika memungkinkan, temani anak menonton program yang disukainya agar bisa melakukan pengawasan dengan lebih baik.

3. Ajak Anak Berdiskusi Seputar Program yang Ditonton

Sambil menonton, cobalah mengajak anak berdiskusi tentang program yang ada di layar. Selipkan juga informasi-informasi edukatif yang bisa menambah wawasan anak. Dengan begitu, ketertarikan mereka akan pengetahuan dapat meningkat dan menjadi lebih bersemangat belajar untuk mendapatkan hal-hal baru.

4. Filter Konten Internet yang Berbahaya

    Aktifkan opsi filter untuk konten-konten yang tidak aman ditonton anak-anak. Dengan begitu, anak-anak hanya dapat menonton konten yang sesuai dengan umurnya.

    5. Lakukan Aktivitas Lain untuk Mengurangi Screen Time

      Agar dapat mengatur screen time pada anak dengan baik, cobalah mencari aktivitas alternatif bersama-sama yang dapat membuat anak menjadi lebih aktif bergerak, seperti lari pagi atau bersepeda santai di sore hari.

      Trik Agar Screen Times tidak berlebih

      Sobat KlikPonsel! bisa melakukan beberapa trik berikut untuk membatasi screen time pada anak:

      1. Tidak bermain ponsel sebelum tidur.
      2. Tidak bermain gadget di kamar tidur dan gunakan kamar tidur hanya untuk tidur dan istirahat.
      3. Jangan teralihkan pada gadget saat mengobrol dengan orang lain.
      4. Lakukan kegiatan lain yang kamu sukai tanpa melibatkan gadget, misalnya membaca buku, berkebun, bercengkrama dengan orang terdekat, atau bahkan jalan-jalan.
      5. Gunakan waktu luang untuk aktivitas yang lebih sehat, misalnya berolahraga atau berjalan santai, minimal 30 menit setiap hari.
      6. Jika anak ingin bermain gadget, jangan melarangnya sama sekali tetapi batasi waktunya sesuai anjuran usia.
      7. Jika batas waktu bermain gadget telah habis, ajak anak melakukan aktivitas lain, seperti menggambar atau bermain di taman.

      Oke, sobat KlikPonsel! itulah beberapa tips dan trik bagaimana caranya untuk memanajemen screen times untuk si buah hati. Sebagai orang tua kita hendaknya lebih bijak lagi dalam mengawasi dan mengedukasi anak, boleh saja kita mengijinkan anak bermain ponsel dan gadget lain asal tidak berlebihan dan selalu dalam pengawasan.

      Tips dan Trik Screen Time untuk Anak | Risti | 4.5