Game Indie yang Harus Anda Coba

Mengenal Game Indie

Sobat klikponsel! bagi anda yang senang bermain game mungkin tidak asing lahi dengan Game Indie. Game indie , kependekan dari video game independen , adalah video game yang dibuat oleh individu atau tim pengembangan yang lebih kecil tanpa dukungan finansial dan teknis dari penerbit game besar , berbeda dengan kebanyakan game “AAA” (triple-A) . Karena kemandirian dan kebebasan untuk berkembang, game indie sering kali berfokus pada inovasi , gameplay eksperimental, dan pengambilan risiko yang biasanya tidak dilakukan dalam game AAA. Game indie cenderung dijual melalui saluran distribusi digital dibandingkan retail karena kurangnya dukungan penerbit. Istilah ini dianalogikan dengan musik independen atau film independen dalam media masing-masing.

Ciri Khas Game Indie:

  • Dikembangkan oleh tim kecil: Dikerjakan oleh individual developer atau tim kecil yang biasanya terdiri dari kurang dari 10 orang.
  • Kreativitas yang tinggi: Karena tidak terikat dengan publisher besar, developer indie punya kebebasan berkreasi dan bereksperimen dengan konsep dan mekanisme permainan.
  • Budget yang terbatas: Dengan budget yang terbatas, game indie biasanya memiliki visual yang lebih sederhana dibanding game AAA. Namun, ini diimbangi dengan fokus pada cerita, gameplay, dan inovasi.

Rekomendasi Game Indie yang patut anda coba

Berikut adalah beberapa contoh game indie terbaik yang terkenal dengan keunikan dan kualitasnya dilansir dari hybrid.co.id :

1. Minecraft

Minecraft menjadi salah satu game yang memiliki sejarah panjangnya hingga sekarang. Meskipun saat ini Mojang Studios telah menjadi milik Microsoft, namun game ini tetap dimulai sebagai game indie.

Game ini awalnya dibuat oleh Markus “Notch” Persson dan diluncurkan ke publik pada 2009. Awalnya game ini bernama “Cave Game” dan sedikit demi sedikit terus berkembang hingga sekarang menjadi salah satu game tersukses sepanjang masa.

2. Among Us

Game multiplayer online di mana Anda harus bekerja sama dengan kru astronot untuk menyelesaikan tugas, namun berhati-hatilah karena ada impostor di antara kalian!

3. Angry Birds

Membicarakan game mobile tidak bisa lepas dari game melempar burung marah satu ini. Dikembangkan oleh Rovio Entertainment, game ini sebenarnya menjadi tumpuan untuk terlepas dari kebangkrutan.

Untungnya, kepercayaan mereka terhadap konsep sederhana menghancurkan bangunan menggunakan burung menjadi peluru tersebut berbuah manis. Karena game ini meledak di awal kemunculan iPhone dan terus berkembang hingga sekarang.

4. Dead Cells

Game roguelike dengan perpaduan genre Metroidvania, di mana Anda menjelajahi dunia yang terprocedurally generated dan bertarung melawan musuh yang menantang. Tidak mengejutkan bila saat dirilis game ini langsung menjadi populer, bahkan menarik perhatian para gamer yang sebelumnya tidak terlalu menyukai game aksi platformer.

5. Valheim

Game ini menjadi salah satu yang mendapat popularitasnya berkat para YouTuber dan streamer. Hadir sebagai game bertahan hidup dengan tema viking, game ini mendaki popularitasnya dengan cepat.

Banyak gamer yang ternyata menyukai untuk memainkan game ini karena kebebasan dan sistem bertahan hidupnya yang tidak terlalu rumit. Bahkan, tidak sedikit gamer yang menikmati game-nya hanya dengan menonton gamer lain memainkannya.

6. Hollow Knight

Game Metroidvania 2D dengan desain seni yang indah, gameplay yang menantang, dan cerita yang mendalam.

7. Undertale

Bila menyebut satu game indie populer yang banyak dipuja oleh penggemarnya, Undertale tentu menjadi jawabannya. RPG bergaya piksel 2 dimensi ini memiliki pengikut setia yang masif hingga sekarang.

Banyak hal yang membuat Undertale ikonik sebagai sebuah game. Mulai dari desain unik dari karakter-karakternya, mekanisme gameplay yang memberikan dampak ke cerita, dan tentunya musik soundtrack yang ikonik.

8. Stardew Valley

Game simulasi berkebun yang santai dan menenangkan, di mana Anda dapat membangun peternakan, berteman dengan penduduk desa, dan menjelajahi dunia yang luas.

Terinspirasi dari Harvest Moon dan Animal Crossing, game ini juga dikembangkan dengan premis dan gameplay yang sama. Visual piksel yang unik, serta mekanisme yang diseimbangkan semakin membuat game ini menyenangkan dimainkan untuk waktu yang lama.

9. Cuphead

Ada banyak faktor yang membuat Cuphead menjadi populer seperti sekarang. Mulai dari konsep unik ala karton kuno yang diusung, hingga kesulitan game-nya yang menanatang.

Namun totalitas yang dilakukan oleh Studio MDHR, termasuk mereplikasi teknik animasi kuno untuk game mereka berbuah manis. Karena sejak dirilis pada 2017, game ini mendapat pengakuan khusus dari para gamer berkat estetika game-nya yang unik.

10. Rocket League

Secara konsep, menggabungkan sepak bola dan kendaraan merupakan kombinasi yang beresiko untuk gagal. Tetapi, eksekusi unuk yang ditawarkan oleh Psyonix membuktikan bahwa konsep tersebut bisa disukai untuk waktu yang lama.

Penggunaan mobil dengan roket dalam game ini membuat aksi para pemain di dalam Rocket League menjadi lebih akrobatik. Sehingga membuat setiap pertandingan menjadi sesuatu yang selalu unik.

Sobat klikponsel! Ini hanya beberapa contoh dari sekian banyak game indie yang luar biasa di luar sana. Dengan begitu banyak pilihan yang tersedia, Anda pasti akan menemukan game indie yang sesuai dengan selera Anda.

Game Indie yang Harus Anda Coba | Risti | 4.5